Pengelola Website

 

Keterampilan menulis Rab A. Broto, pengelola website ini sejak 2017, terinspirasi dari membuat surat kaleng saat SD. Yang pertama kali jadi korban gugatan adalah mandor di pabrik tegel sang ayah yang bertindak sewenang-wenang mengorupsi duit lembur para pekerja.

Lama tak terasah, setahun setelah lulus dari Fakultas Psikologi UGM pada 1992, keterampilan itu mendapatkan momentum saat intensif menggeluti dunia kepenulisan. Terutama saat menyelesaikan pendidikan jurnalistik di Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Pengembangan Yogyakarta (LP3Y) dengan beasiswa tak mengikat dari Harian Ekonomi Bisnis Indonesia.

Anggota tim mahasiswa peneliti juara I Lomba Karya Inovatif Produktif Ditjen Dikti 1989 ini kemudian aktif sebagai wartawan hingga jenjang redaktur muda di Bisnis Indonesia. Rubrik yang pernah digawangi adalah desk Produksi dan Investasi, Umum dan Internasional, edisi minggu, serta pengelola newsroom di awal Bisnis Indonesia memasuki era edisi online.

Setelah hampir delapan tahun berkiprah di Bisnis Indonesia, pada 2003 pria kelahiran Solo, 3 Desember 1967 ini mengajukan pensiun dini dan menjadi pemimpin redaksi majalah bulanan Indonesian Tax Review Digest (ITD) yang diterbitkan Lembaga Manajemen Formasi (LMF) selama setahun. Sebelumnya sempat menjadi editor dan melahirkan buku pertamanya Guidance for Parent yang merupakan bagian dari paket pendidikan anak My First One Year Activity Book terbitan Pustaka Lebah. Kemudian sempat bergabung pada tim iklan Pustaka Lebah.

Selain ekonomi secara umum, bidang yang diminati adalah kajian psikologis tentang berbagai fenomena sosial yang terjadi, khususnya di dalam negeri, dan masalah pendidikan. Juga kajian seluk beluk perilaku ekonomi, khususnya terkait motivasi, soal training (khususnya AMT-Achievement Motivation Training), assesment center, dan manajemen sumberdaya manusia (SDM).

Hingga kini Rab telah menulis 2.000-an straight news (ekonomi, politik, internasional, dan budaya), 500-an features (ekonomi, psikologi, iptek dan kesehatan yang dua diantaranya meraih penghargaan lomba karya jurnalistik dari Pfizer dan Asirevi), serta lima makalah seminar. Selain juga menulis dua buku, dua buku terjemahan, dan editor lima buku.Mantan anggota dewan redaksi mingguan anak Bee Magazine, pengasuh buletin mingguan Bee Parents, kolomnis pembelajar.com, dan penulis puluhan surat pembaca diantaranya terkait objek sengketa senilai ratusan juta, dan juga mengelola website topkulinerenak.com, ini tengah menyiapkan sejumlah naskah buku untuk diterbitkan sendiri maupun oleh penerbit lain. Rab A. Broto dapat dihubungi melalui e-mail: brotoadi26@gmail.com.

Projects
2019 Editor Buku Indonesian Gastronomy Association: Kapita Selekta – Peran Ekonomi dan Sosial-Budaya Gastronomi Indonesia Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat
2018-now Bloger situs topkulinerenak.com
Okt. 2017 Editor buku terbitan Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
2016-kini Bloger rab.com situs artikel
2009 Anggota tim publikasi anggota DPD salah satu provinsi
2009 Setup website www.klikbuku.com
2008 Media relations, konferensi pers, & writing competition Konvensi Tahunan Synergy Worldwide
2008 Buku promosi Gubernur Bengkulu
2008 Editing buku Elit Lokal & Civil Society-Kediri di Tengah Demokratisasi (LP3ES)
2008 Terjemahan hingga pracetak buku Discoveries of An Accidental Guru (707 Publishing)
2008 Konsultan media majalah triwulanan Legacy
2007 Brosur anti-banjir perumahan Jakarta Garden City
2006 Buku Psikologi Duit (Bornrich Publishing)
2005-now Kolomnis tetap di situs pembelajar.com & menulis di sejumlah media massa
2004 Guidance Book for Parent-Membangun Kemampuan Dasar Anak (Pustaka Lebah)